Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop

Bagaimana Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop? apa itu IP Address?
IP Adress merupakan deretan bilangan biner di antara 32 bit hingga 128 bit yang dipakai sebagai media untuk mengidentifikasi untuk setiap perangkat komputer yang terhubung pada jaringan komputer (intranet / internet).

IP Address pada komputer ada 2 macam yaitu IP static (tetap) dan IP dinamic(berubah). Saat kita menggunakan jaringan wifi atau modem maka kita tidak perlu setting ip static pada komputer karena komputer secara otomatis sudah mendapatkan ip address.

Apa Fungsi IP Address?
Setelah mengetahui tentang pengertian IP Address, gak ada salahnya sobat juga harus mengetahui fingsi dari Ip Address tersebut buat apa aja sih?

Fungsi dasar dari sebuah IP Address yaitu :
  • Sebagai Alat Identifikasi Host atau antar muka pada jaringan komputer
Sebagai alat identifikasi host ataupun antar muka jaringan komputer. Jika diilustrasikan seperti kehidupan nyata, maka IP Address berfungsi sebagai nama ataupun identitas seseorang. Dalam hal ini, seperti halnya nama, setiap komputer memiliki IP Address yang unik da berbeda antara datu dengan yang lainnya (yang terkoneksi pada satu jaringan komputer).
  • Sebagai Alamat Lokasi Jaringan
Sebagai penunjuk alamat lokasi jaringan. Jika kita ilustrasikan kembali dalam kehidupan nyata, maka IP address dapat diilustrasikan sebagai penunjukkan alamat rumah tempat tinggal seseorang. IP Address akan menunjukkan lokasi keberadaan sebuah komputer, berasal dari daerah mana, ataupun negara mana. Dalam hal ini, seperti halnya dalam kehidupan nyata, ada rute / jalan yang harus ditempuh agar data yang diinginkan bisa sampai ke komputer yang ingin dituju.

Gimana, udah pada tau kan apa itu Ip Address serta fungsinya, nah sekarang kita lanjut ke intinya yaitu Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop sobat, berikut caranya :

langkah - langkah Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop sebagai berikut:

1. Langkah pertama yaitu sobat masuk dulu ke command promt pada komputer atau laptop sobat dengan cara Klik icon Start kemudian sobat ketikkan CMD di  kotak Search programs and files kemudian tekan tombol enter seperti gambar di bawah.
Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop

2. Maka akan muncul cmd.exe seperti gambar di bawah, kemudian sobat ketikan ipconfig lalu ENTER untuk melihat ip address pada komputer anda.
Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop

3. Maka muncullah IP Komputer atau Laptop sobat, mudah bukan!
Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop

Nah, itulah tutorial Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop sobat, pengertian dan juga fungsinya, semoga bisa membantu sobat yang kebingungan untuk mengetahui Ip address komputer atau laptopnya, wassalam.

1 comment:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Kami
    http://servicekomputermurahsurabaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.