Penyebab Smartphone Android Menjadi Lambat

Penyebab Smartphone Android Menjadi Lambat
Bitjeh Blog - Apa Penyebab Android Menjadi Lambat ? kesal sama smartphone android  sobat yang lemot saat dibutuhkan atau lemot secara tiba-tiba padahal lagi sangat butuh. Perlu sobat ketahui seiring banyaknya aplikasi yang terdapat di Android untuk membantu dan mendukung pekerjaan atau aktivitas sehari-hari seperti bermain game, browsing, chatting, dll. Semakin menurun pula kecepatan akses android tersebut, apalagi spek android sobat yang kurang tangguh.

Kali ini kita akas mengulas penyebab umum yang sering diabaikain sehingga membuat peforma android menjadi lambat yang bikin kesal.

Berikut adalah beberapa  Penyebab  Android Menjadi Lambat  :

1. Spesifikasi Android sobat yang tidak terlalu bagus, misalnya memori internal dan RAM (Random Access Memory) atau CPU sebagai dapur pacu android sobat  tidak memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang sobat install.

2. Aplikasi sobat terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasinya terlebih dahulu ketika menjalankan aplikasi lain,ini  akan menurunkan peforma kecepatan RAM, oleh karena itu sangat disarankan agar tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

3. Memory internal yang hampir Penuh Biasanya di tandai ikon peringatan oleh sistem yang memberitahukan bahwa memory internal sudah hampir penuh, hal ini mau tidak mau pasti mempengaruhi  kecepatan android.

4. Cache aplikasi yang tidak pernah sobat hapus. Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Cache ini akan terus bertambah, jika kamu tidak menghapusnya dan ini yang menyebab kapasitas memori internal akan terus terkuras sehingga Android kamu berjalan lambat.

5. Terlalu banyak menginstall aplikasi, hal ini dapat mempengaruhi kecepatan Android. Setiap kamu menginstall aplikasi maka aplikasi itu secara otomatis terinstall di memori internal sehingga menjadi penuh. Sebaiknya kamu menginstall aplikasi di memori eksternal dengan begitu memori internal dapat di optimalkan untuk kinerja HP Android.

6. Menggunakan Aplikasi Launcher yang berat. Tujuan menggunakan Launcher memang untuk memperbagus tampilan tapi kalau membuat HP Android jadi Lambat / Lemat untuk apa? oleh karena itu kamu harus memilih Aplikasi Launcher yang bukan hanya bagus tapi juga ringan.

7. SD Card/MMC semakin banyak data di memori card android sobat juga akan membuat perfoma android menjadi lambat, jadi usahakan SD Card nya mempunyai ruang bebas yang cukup, atau jangan terlalu penuh.

8. Bug Aplikasi Jika semua sudah dalam keaadaan baik namun  masih lemot,lambat dan menjengkelkan mungkin salah satu dari aplikasi yang sobat pasang mempunyai BUG, ini murni kesalahan Developer/pembuat aplikasi oleh karena itu sobat harus mengupdate semua aplikasi anda ke versi yang paling terbaru setiap ada pemberitahuan.

9. Virus jangan kira di android gak ada virus, malah OS smartphone yang paling rentan kena virus itu adalah android, apalagi sejak heartbleed di ketahui, semakin kuatir aja akan kerahasiaan privasi kita, apa yang bisa di lakukan ya pasang antivirus.

Itulah beberapa Penyebab HP Android Menjadi Lambat yang sebaiknya sobat hindari supaya kinerja Android sobat tetap optimal. Semoga bermanfaat!

No comments:

Powered by Blogger.